Klaim Asuransi Untuk Mobil Kredit yang Hilang Dicuri

Mobil Kredit Hilang?

Mobil Anda mendadak tidak ada ditempat alias dicuri oleh pihak tidak bertanggung jawab, padahal belum lunas pembayaran kreditnya ? . Panik karena takut tidak bisa klaim, memang wajar tetapi tenang saja, karena biasanya pada setiap perusahaan leasing, mobil milik Anda biasanya sudah dijamin, apabila mengalami musibah seperti ini.

Langkah yang paling awal dan harus segera dilakukan ialah melaporkan ke pihak pemberi kredit, akan kejadian tersebut dan menghubungi penyedia asuransi mobil Anda, usahakan dalam waktu 1X24jam dari musibah tersebut, agar tidak ada gangguan dalam proses klaim asuransi. Namun lengkapi laporan pencurian tersebut dengan surat resmi dari pihak kepolisian, karena lembaga kepolisian adalah satu-satunya lembaga yang berwenang untuk menyatakan status hilang mobil yang dicuri.

Setelah mendapat surat polisi, persiapkan dokumen-dokumen penting seperti fotokopi STNK, SIM, dan tertanggung untuk disertakan kedalam satu laporan ke pihak perusahaan asuransi mobil. Gabungkan semuanya dalam satu dokumen rapi dan pastikan semuanya lengkap, agar Anda tidak perlu terkatung-katung da mundar-mandir selama pemprosesan klaim asuransi tersebut.

Setelah proses penyerahan dokumen selesai, pihak kepolisian dan asuransi akan memeriksa kasus yang menimpa Anda, untuk memastikan keabsahan kejadian tersebut. Bila terbukti sesuai dengan klausul dan definisi dari korban pencurian (acuan PSAKBI dan KUHP ) maka klaim total lost stolen dapat diproses. Anda sebagai pemilik mobil, akan diberikan surat pengantar dari pihak asuransi untuk membantu pembautan surat blokir STNK dari kepolisian daerah setempat (POLDA)

Klaim asuransi pada umumnya sudah dapat dicairkan semenjak 14 hari atau 21 hari dari hari kejadian, apabila dokumen yang diperlukan untuk mendukung ajuan klaim telah diselesaikan. Namun bila mobil tersebut ditemukan dalam jangka waktu 60 hari, Anda dapat mengubah jenis klaim, dari total lost stolen ke partial loss. Agar kerusakan yang terjadi selama proses kehilangan, dapat diganti rugi oleh pihak asuransi.

KESIMPULAN DALAM MELAKUKAN KLAIM ASURANSI MOBIL

  1. Pastikan laporan kehilangan tidak ditunda, agar pihak asuransi mobil dapat bertindak dengan cepat.
  2. Selalu letakkan dokumen penting, terkait polis asuransi mobil milik Anda di tempat yang aman dan mudah dicari, agar mudah untuk ditemukan pada saat terkena kasus pencurian.
  3. Harus diingat bahwa, pihak asuransi mobil hanya menjamin kehilangan dalam kategori pencurian mobil. Sedangkan kehilangan yang diakibatkan penipuan atau penggelapan tidak tercakup dalam perlindungan asuransi.
  4. Sebelum mencari perusahaan asuransi yang cocok, bandingkan dulu layanan dan harga yang ditawarkan, selanjutnya berikan skenario-skenario pencurian yang mungkin terjadi, dan tanyakan apakah mereka bisa melindungi Anda dari resiko tersebut.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *