Pertimbangkan 4 Hal Berikut Sebelum Membeli Mobil Baru

Bagi Anda yang baru pertama kali membeli mobil baru, perencanaan yang matang memang harus dipersiapkan. Sebelum mengeluarkan uang yang bisa tidak bisa terbilang murah, membeli mobil perlu perencanaan matang sebelum akhirnya menyesal kemudian. Nah berikut ini ada beberapa pertimbangan yang harus dipikirkan saat memutuskan membeli mobil baru.

1. Beli Mobil Untuk Apa?

Tanyakan kepada diri sendiri, sebenarnya alasan membeli mobil itu untuk apa? Perlukah anda membelinya? butuhkah Anda?, atau jangan-jangan membeli mobil hanya karena keinginan memilikinya saja tanpa alasan yang jelas. Pada kondisi ini anda harus mengerti apakah “harus” atau “ingin” membeli.

Jika rumah Anda jauh dari kantor Anda, dan perjalanan menuju kantor sangat melelahkan apabila ditempuh dengan motor ataupun angkutan umum, maka membeli mobil adalah pilihan yang tepat.

2. Kenali Jenis Mobil Sesuai Kebutuhan

Pertanyaan mengenai seberapa perlu Anda membeli mobil karena akan berpengaruh kepada jenis mobil yang nantinya akan dipilih.

Misalkan Anda memiliki keluarga yang banyak, dan sering berkendara bersama dengan keluarga Anda. Maka dari itu pertimbangan mobil yang dibeli haruslah mobil jenis MPV (Multi Purpose Vehicle).

Namun jika Anda adalah seseorang yang belum memiliki keluarga, gak mau repot, dan simpel maka mobil jenis hatchback adalah pilihan yang tepat.

3. Cek Kondisi Keuangan

Rencanakan angaran keuangan dengan hati-hai sebelum mengambil mobil baru. Perkirakan sejumlah pengeluaran lain seperti harga bahan bakar dan jarak tempuh sehari-hari, biaya parkiran, pajak kendaraan, dan biaya perawatan yang harus anda keluarkan.

Pahami betul apakah kondisi tersebut akan mengganggu keuangan Anda atau tidak. Jika mengganggu sebaiknya turunkan lagi mobil yang Anda pilih dengan mencari mobil lain yang lebih murah.

4. Asuransi Mobil

Asuransi adalah biaya yang harus dikeluarkan dalam setiap pembelian mobil. Saat memilih asuransi, mintalah saran dari orang yang telah berpengalaman. Cari tahu perusahaaan asuransi terbaik yang pernah di lalui orang lain. Apakah asuransi tersebut baik atau tidak.

Tanyakan kualitas layanan konsumen, harga premi yang harus dibayarkan, layanan klaim, sehingga anda tidak akan kecewa kemudian hari.

Meski anda harus mengeluarkan biaya lebih untuk asuransi, namun manfaat asuransi ketika terjadi hal yang tidak diinginkan akan sangat berguna.

Setelah selesai mempertimbangkan hal-hal tadi, belilah mobil tersebut dan berkendaralah dengan aman dan nyaman.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *