Cara cepat tidur

Pada umumnya orang akan merasa ngantuk jika sudah lelah namun tidak semua orang dapat tidur dengan cepat atau istilahnya tepat waktu. Kebanyakan orang yang susah tidur dikarenakan aktifitas otak yang banyak berfikir hal ini dapat mempengaruhi kesehatan fisik nantinya. Tidur sendiri diartikan keadaan istirahat alami yang sebetulnya dapat anda atur antara waktu tidur dan waktu bangun dari pikiran. Contohnya saja saat anda ingin tidur otak bereaksi untuk mengistirahatkan semua organ lainnya dan jika sebelum tidur anda memberi tugas otak agar saat bangun tepat waktu maka otak nantinya juga akan merespon hal tersebut. Jadi intinya semua aktifitas kita dikerjakan oleh otak, namun ada juga otak yang kurang merespon hal tersebut karena beberapa hal yang dapat menurunkan kinerja otak.

Sedangkan aktifitas anda sebelum tidur juga akan mempengaruhi kualitas tidur anda, yang pada umumnya aktifitas tersebut berdampak pada pikiran anda biasanya karena seseorang tersebut terlalu banyak berfikir. Selain itu penyebab lainya juga ada yaitu karena terlalu banyak beban fikiran seperti stres yang berdampak pada kualitas tidurnya. Setudi lain juga mengatakan bahwa seseorang yang jarang bergerak seperti bermalas-malasan dirumah juga akan mengakibatkan susahnya tidur. Ada juga yang mengatakan susah tidur diakibatkan oleh penyakit lain seperti hipertensi, gangguan hormon, depresi dan lain sebagainya, selain itu kebiasaan sulit tidur juga berpengaruh. Bagi anda yang mudah untuk tidur sebaiknya bersyukurlah sebab dampak insomnia sendiri sangat berbahaya hingga menyebabkan kematian.

Olahraga teratur

Sebaiknya bagi anda yang susah untuk tidur lebih baik lakukan olahraga teratur selain olahraga dapat menyehatkan tubuh anda olahraga juga akan membantu anda untuk mengatasi kesulitan tidur tersebut jika anda termasuk dalam orang-orang yang malas sebaiknya lakukan hal ini sebab aktifitas yang anda lakukan sehari-hari dari bermalas-malasan tersebut akan mengganggu kualitas tidur anda. Lakukan olahraga dengan teratur walaupun olahraga ringan sekalipun namun kami sarankan jika anda olahraga sebaiknya sampai keluar keringat setiap harinya. Selain itu konsumsi juga makanan-makanan yang sehat bagi tubuh anda serta nutrisi yang baik bagi otak anda.

Rekreasi

jika anda mendapati susahnya tidur anda karena beban pikiran atau stress sebaiknya lakukan relaksasi dengan ber rekreasi bersama keluarga anda, tujuannya setidaknya akan mengurangi beban pikiran anda selain itu lakukan juga terapi aroma terapi sebab aroma terapi akan membuat tubuh anda merasa rileks.

Hindari kafein

Bagi anda yang suka minum kopi mungkin sudah terbiasa akan tetapi bagi anda yang belum terbiasa mungkin disebabkan oleh kafein yang ada di kopi tersebut sehingga menyebabkan anda susah tidur. Kafein sendiri termasuk dalam stimulan yang bisa meningkatkan aktivitas otak dan semangat. Bagi anda yang belum terbiasa dan ingin minum kopi sebaiknya minumlah minimal kira-kira 3 jam sebelum tidur sebab jika anda mengkonsumsinya saat ingin tidur akan berakibat susahnya untuk tidur.

Hindari kebiasaan buruk

Kebiasaan buruk ada beberapa macam sebetulnya namun yang terpenting hindari kebiasaan merokok, miras, konsumsi obat-obatan, narkoba, ganja dan lain sebagainya. Apa sangkut pautnya dengan kebiasaan buruk tersebut? sebetulnya ada banyak sangkutpautnya dengan kualitas tidur anda sebab jika anda mengkonsumsi kebiasaan buruk di atas dalam jangka waktu tertentu akan berakibat pada kualitas otak anda juga yang bisa menyebabkan melemahnya daya ingat maupun daya fikir.

Hindari aktifitas sebelum tidur

Aktifitas kira-kira 1 jam sebelum tidur juga akan berpengaruh susahnya untuk tidur misalnya saja aktifitas menonton televisi, memainkan komputer dan lain sebagainya sebab aktifitas tersebut akan membuat fikiran anda mengingat terus berita atau kejadian yang ada di televisi maupun di komputer (layaknya kebayang-bayang terus) sehingga mengakibatkan susahnya tidur.

Mendengarkan musik

Untuk yang satu ini mungkin hanya sebagian orang yang dapat tidur pulas jika mendengarkan musik namun sebagian orang lagi akan canggung untuk hal ini yang biasanya tidur dalam keadaan keheningan. Namun musik juga menjadi alternatif agar anda cepat tidur, usahakan dengarkan musik yang hanya memainkan melodi saja (akustik) sebab jika anda mendengarkan musik pop, dangdut, hiphop. rock atau yang lainnya akan merangsang otak anda bekerja mendengarkan lantunan lagu yang dinyanyikan.

Suasana

Suasana juga berpengaruh pada susahnya tidur anda mungkin bagi sebagian orang mendapati area tempat tidurnya yang penuh dengan nyamuk, untuk mengatasinya sebaiknya gunakan semprot nyamuk pada siang hari sebab jika anda menggunakan semrot nyamuk pada malam hari menjelang tidur akan berakibat pada anda, ada juga sebaiknya gunakan obat nyamuk oles sebab lebih efisien dari pada menggunakan obat nyamuk bakar yang dapat menyebabkan kualitas kesehatan anda memburuk. Jika tempat tidur anda kurang nyaman juga akan berpengaruh pada kualitas tidur anda, sebaiknya gunakan tempat tidur yang menurut anda nyaman untuk digunakan tidur. Selain itu jika suasana kamar tidur anda panas sebaiknya gunakan pendingin untuk mengatasinya, sebab kondisi panas tersebut akan mempengaruhi anda susah untuk tidur.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *