Cara memutihkan kulit secara alami

Kulit merupakan bagian yang tak luput dari penampilan kita. Namun untuk perawatannya akan berbeda antara perawatan kulit wajah dan kulit badan. Nah kali ini kami akan bahas mengenai perawatan kulit badan agar tampak lebih putih, cerah, dan segar. Untuk itu mari kita simak tips-tips berikut ini.

A. Menggunakan lulur atau bedak mangir

Bedak mangir atau lulur tersebut dicampur dengan sedikit air, kalau sudah dicampur terus digosokkan ke seluruh kulit tubuh beserta kaki dan tangan. Biasanya memakai bedak mangir dapat dilakukan tiga kali dalam seminggu. Bagi para remaja putra maupun putri yang menjelang pernikahan baiknya memakai mangir tiap-tiap akan tidur berturut-turut selama satu minggu sebelum pernikahan.

Khasiat bedak mangir/lulur
Untuk membersihkan kotoran-kotoran atau debu-debu dan keringat yang menempel pada kulit dan menutup pori-pori yang lebar. Juga untuk menyegarkan badan, lagi pula kulit badan kelihatan bersih bercahaya, rasanya segar, dan juga berbau sedap. Sebab bedak mangir bahannya terdiri dari tepung beras yang berkhasiat untuk membersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada kulit. Juga ada temu giringnya berhasiat untuk mengharumkan dan menyegarkan badan.

Cara buat bedak mangir
a. Bahan
– Tepung beras 1/2 liter
– Temu giring 1/4 kg
– Daun kemuning 1/2 ons
– Jeruk purut 2 buah
– Atal wangi (tatal kayu wangi) 1/2 ons
– Kayu manis 1/2 ons

b. Cara buat

  • Beras tadi ducuci bersih lalu direndam sekitar 12 jam lalu disaring dan disiram menggunakan air bersih untuk menghilangkan baunya terus ditutup menggunakan daun pisang dan didiamkan selama 1 jam supaya berasnya menjadi keset (tidak berair). Jika sudah beras tersebut ditumbuk dan diayak dibuat tepung.
  • Lalu bahan dari temu giring, daun kemuning, jeruk purut, atal wangi dan kayu manis ditumbuk dalam lubang sampai halus betul.
  • Kemudian hasil tumbukan bahan-bahan tersebut dicampur dengan hasil beras yang sudah dijadikan tepung. Jadikan satu lalu ditumbuk lagi bersama-sama sampai tercampur betul.
  • Terakhir diayak sampai tinggal bedak lulur yang haluus dan baunya sedap.

B. Mandi rempah

a. Bahan :
– Pandan 5 lembar
– Jeruk purut 2 buah
– Temu giring 1/4 kg
– Daun kemuning 1/4 kg
– Daun serai 3 batang
– Kayu manis 1 ons

b. Cara buat :

  • Bahan pandan diiris-iris yang lembut
  • Bahan jeruk purut masing-masing dibelah menjadi dua
  • Bahan temu giring dikupas kulitnya dan diiris-iris
  • Bahan daun kemuning dibauang tangkainya
  • Bahan daun serai dan kayu manis dicuci bersih
  • Jika sudah semua lalu semua bahan direbus dengan air yang sudah disiapkan 5 gayung sampai mendidih. Kalau sudah mendidih diangkat kemudian air tersebut disaring menggunakan kain tipis lalu dituangkan dalam ember mandi besar. Kemudian dicampur dengan air dingin sekiranya campuran air tersebut manjadi hangat saum-saum kuku.


Cara menggunakan mandi rempah

Pertama kali kita mandi biasa badan kita sabun yang bersih dengan sabun mandi. Kalau seluruh badan sudah dibilas dengan air bersih dan sudah dihilangkan bekas sabun-sabunnya hingga kesat maka langsung masuklah ke dalam ember mandi yang berisikan air rempah-rempah tersebut. Lama berendam kurang lebih 1/4 jam sambil seluruh badan kira disirami dengan air rempah-rempah tersebut. Jika sudah tidak usah lagi disiram menggunakan air biasa agar langsung saja mengeringkan badan menggunakan handuk.

Khasiat mandi rempah
– Memperlancar peredaran darah
– Mengurangi berat badan
– Menghilangkan bau badan yang tidak sedap
– Menyegarkan serta membersihkan dari kotoran di kulit

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *