Gejala kanker otak

Bagian tubuh yang merupakan sumber syaraf ini ternyata dapat juga terkena penyakit kanker otak. Otak merupakan organ yang paling utama untuk mengatur gerak dan kehidupan manusia. Walaupun otak terdiri lebih banyak dari cairan akan tetapi mempunyai inti dalam kehidupan ini. Bayangkan saja jika kita tidak mempunyai otak, pasti kita tidak dapat berbuat apa-apa di dunia ini. Makannya Tuhan mengkaruniai otak agar kita dapat bertindak yang baik dan berfikir yang baik pula.

Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti : detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi. ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya.

Pada umumnya, organ otak pada manusia dipilah menjadi 3 bagian, yaitu :
– Otak besar (cerebrum)
– Otak kecil (cerebellum)
– Batang otak (brain stem)

Setiap bagian terbagi lagi menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, di mana masing-masing bagian kecil tersebut terbagi lagi, dan seterusnya. Ruang antar bagian terisi oleh cairan otak (cerebrospinal fluid), sedangkan bagian luarnya terlindungi oleh tiga lapis selaput otak (meninges) dan tulang tengkorak.

Otak manusia merupakan struktur pusat pengaturan yang memiliki volume sekitar 1.350cc dan terdiri atas 100 juta sel saraf atau neuron. Otak manusia bertanggung jawab terhadap pengaturan seluruh badan dan pemikiran manusia. Oleh karena itu terdapat kaitan erat antara otak dan pemikiran. Otak dan sel saraf didalamnya dipercayai dapat memengaruhi kognisi manusia. Pengetahuan mengenai otak memengaruhi perkembangan psikologi kognitif.

Dalam setiap bagian otak di kepala dapat terkena tumor/kanker. Walaupun tumor jinak, akan tetapi karena tumbuhnya di otak, bisa saja menjadi sangat berbahaya. Tumor tersebut dapat mengganggu fungsi dan merusak struktur susunan saraf pusat, karena terletak di dalam rongga yang terbatas (rongga tengkorak). sejalan dengan berkembangnya tumor tersebut, jaringan otak akan semakin tertekan. Padahal volume rongga tengkorak sangat terbatas dan tidak mungkin bertambah besar. Inilah yang menjadikan sakit kepala / pusing sebagai gejala awal kanker otak.

Gejala

– Sakit kepala disertai mual sampai muntah yang menyemprot
– Daya penglihatan berkurang
– Penurunan kesadaran atau perubahan perilaku
– Gangguan berbicara
– Gangguan pendengaran
– Gangguan berjalan / keseimbangan tubuh
– Gangguan saraf
– Anggota gerak melemah atau kejang
– Pada bayi biasanya ubun-ubun besar menonjol

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *