Gejala kanker payudara

Untuk para wanita sebaiknya lebih waspada pada kesehatan anda, sebab saat ini sudah mulai bermunculan penyakit-pnyakit yang menyerang hanya khusus pada kaum wanita. Seperti halnya penyakit kanker peyudara ini yang labih dominan menyerang kaum wanita dari pada kaum laki-laki. Masih ada lagi penyakit lainnya yang hanya menyerang kaum perempuan, misalnya kanker serviks (mulut rahim), kanker rahim, kanker leher rahim dan lain sebagainya. Untuk itu bagi para kaum wanita sebaiknya lebih hati-hati dalam pola hidup. Disini kami akan bahas gejala-gejala yang ditimbulkan oleh penyakit kanker payudara.

Penjelasan
Sebelum kita membahas gejalanya sebaiknya kita telik terlebih dahulu apa sih penyakit kanker payudara tersebut? Penyakit kanker payu dara merupakan penyakit yang disebabkan oleh sel kanker yang menyerang bagian payudara. Jika sel kanker tersebut menyerang organ lainnya maka namanya bukan lagi kanker payudara melainkan nama kanker tersebut disisipkan bagian organ yang terkena penyakit tersebut. Seperti halnya kanker otak, kanker mulut rahim, kanker kulit, kanker mulut dan lain sebagainya. Penyakit ini termasuk ganas sebab seiring berjalannya waktu sel kanker tersebut akan bertambah besar dan ganas.

Penyebab
Untuk kanker payudara sendiri belum dipastikan penyebab pastinya timbul sel kanker di daerah payu dara. Namun ada beberapa faktor yang mungkin menjadi penyebab timbulnya kanker tersebut, antara lain :
– Tubuh gagal membangun sistem petahanan (anti bodi)
– Kekurangan gizi atau gizi yang buruk
– Payudara sering diremas-remas
– Radiasi
– Genetik atau keturunan
– Merokok dan minum alkohol
– Radikal bebas
– Sel kanker lain yang menular,dll

Gejala
Untuk gejala penyakit kanker payudara pada umumnya akan terasa nyeri karena kanker tersebut namun tidak semua rasa nyeri timbul karena penyakit ini bisa saja karena penyakit lainnya. Namun jik anda mengalami hal diatas bersamaan dengan puting payudara masuk kedalam (retraksi) maka bisa saja anda mengalami penyakit ini. Selain itu gejala lainnya juga ada meliputi :
– bentuk payudara berubah ukuran maupun bentuk
– kulit payudara berubah warna tidak seperti biasanya
– salah satu puting susu lepas
– terasa terbakar pada bagian kulit payudara
– payudara tidak simetris antara keduanya
– kulit terdapat lipatan
– terdapat benjolan
– payudara gatal dan bengkak
– payudara mengeluarkan cairan maupun darah

Jika anda mengalami gejala-gejala diatas sebaiknya anda langsung ke dokter untuk mendeteksi lebih dini mungkin dan memeriksakan diri. Sebetulnya pencegahan akan lebih baik dari pada mengobati, anda bisa setiap 5 bulan atau minimal satu thun sekali cek up kondisi anda kedokter. Namun terkadang dokter tidak bisa mendeteksi penyakit sedini mungkin, lebih baiknya jika anda merasa kondisi badan anda tiba-tiba terasa ada perubahan sebaiknya tanyakan pada dokter. Sebenarnya jika anda lebih dini menjaga kesehatan anda dengan pola hidup yang sehat dan makan-makanan yang sehat seperti sayuran dan buah-buahan mungkin penyakit akan sukar menyerang anda.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *