5 Makanan Khas Palembang Yang Paling Banyak Di Cari

Bagi masyarakat yang merupakan penduduk asli Palembang, pasti sudah tidak akan asing lagi dengan makanan khas daerah Palembang, mulai dari yang sudah sangat terkenal yaitu pempek Palembang pasti masyarakat Palembang sangat menggemari sekali makanan ini, nah bagi yang sedang berlibur ke kota Palembang di bawah sudah kami siapkan makanan yang paling banyak di cari di kota Palembang.

1. Pempek

Pempek merupakan makan khas asli dari palembang yang berbahan utamanya yaitu ikan dan sagu. Pempek juga meiliki banyak ragam dan varian masakan, mulai dari pempek kapal selam,lenggang,pempek keriting,pempek kulit dan masih banyak lagi yang lainnya yang sangat mudah untuk kita jumpai, Tetapi sekarang pempek sepertinya bukan hanya dari palembang saja tetapi hampir di setiap daerah di sumatera selatan yang kini juga sudah mulai memproduksi pempek.

2.Tekwan

Tekwan ini adalah hidangan sup khas dari kota palembang,yang berbahankan ikan dan sagu yang di sajikann dengan ukuran yang kecil-kecil, cara menyajikannya yaitu dengan kuah udang dengan rasa yang sangat khas. Biasanya tekwan ini di hidangkan dengan di lengkapi bihun,irisan bengkoang dan jamur, serta di taburi dengan irisan daun bawang,seledri,dan juga bawang goreng.

3.Model

Model murupakan makanan khas dari palembang juga,ada dua macam model ini,yaitu yang pertama model ikan dan yang kedua model gandum. Model tekwan ikan ini berbahan utamanya tentu saja ikan,hampir mirip sama tekwan sih sebenarnya,,nah jika model gandum itu sendiri,tentu saja berbahan utamanya adalah gandum. Cara menyantap hidangan model ini biasanya model akan di potong menjadi bagian kecil-kecil dan di tambah dengan kuah tekwan itu sendiri, dan juga akan di lengkapi dengan makanan tambahan seperti jamur, irisan bengkoang, dan juga bihun.

4. Mie Celor

Mie Celor ini juga merupakan makanan khas tradisonal dari sumatera selatan yang biasanya di sajikan dengan santan, udang,dan juga biasanya disajikan dengan toge dan telur rebus, lalu ditaburkan dengan daun seledri dan juga jeruk nipis supaya tidak terasa amis ketika di makan.Nama Mie celor ini berasal dari kata Celur yang artinya menyiram bahan-bahan dengan air panas, yang juga merupakan metode dari melembutkan dan memasak mie nya sebelum di rebus dengan menggunakan santan.

Tips menyantap mie celor ini sebaiknya di nikmati selagi masih dengan keadaan yang panas, pasti sangat mantap deh…!

5. Lenggang

Lenggang merupakan salah satu jenis makanan khas kota palembang yang di kombinasikan antara pempek dan telur yang ditambah dengan cuka. cara membuat lenggang goreng yaitu, ikan gabus giling, sagu (sagu merk pak tani agar pempek tidak menghitam), bawang putih giling, garam, telur, air panas mendidih:, timun,bihun goreng, toge kerupuk sebagai pelengkap.

Nah itulah 5 makanan khas palembang yang paling banyak dicari, untuk tempat wisata kuliner menarik laiannya tetap kunjung siuntung.com Selamat mencicipi…….!

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *