Keindahan Air Terjun Sinar Tiga Padang Cermin Pesawaran

Air Terjun Sinar Tiga – Pesawaran dengan Taman Hutan Raya (Tahura) Wan Abdul Rahman yang ada di gunung Pesawaran dan Gunung Ratai kini sudah menjadikan kabupaten ini menjadi salah satu kabupaten dnengan segunung air terjun, selain karena terkenal dengan wisata pantainya, salah satu yang menjadi daya tarik di kabupaten Pesawaran ini adalah Air Terjunnya, salah satunya adalah Air Terjun Sinar Tiga yang ada di padang cermin.

Bagi teman-teman pecinta alam, air terjun menjadi salah satu spot yang sangat favorit untuk dikunjungi selain naik Gunung. Memandangi aliran air yang jatuh dari atas serta dengan pemandangana alam yang masih sangat hijau dan asri tentu akan memberikan kesejukan dan kejernihan di pikiran, yang sudah pasti sangat sulit untuk kita dapatkan di perkotaan.

Untuk teman-teman yang selama ini berkelut dengan kesibukan yang tidak pernah ada akhirnya, tidak ada salahnya kalau sekali-kali meninggalkan semua itu, dan mulai mendekat dengan alam, dan menikmati salah satu air terjun yang ada di sini yaitu Air Terjun Sinar Tiga yang ada di Padang Cermin.

Curup sinar Tiga memiliki debit air yang tidak terlalu banyak, akan tetapi air terjun yang satu ini mempunyai ketinggian yang lumayan, sudah pasti akan sangat terasa kalau kita sedang mandi di bawahnya.

Air Terjun Sinar Tiga ini memiliki tinggi sekitar 30 M dan pasti akan terlihat sangat indah sekali pada saat kita sampai ke lokasi ini. Rasa letih selama di perjalanan sudah pasti akan terbayar lunas di saat hembusan angin yang membawa embun air dari air terjun tersebut.

Sesuai dengan namanya Air Terjun Sinar Tiga Padang cermin, air terjun ini berada di Dusun Sinar Tiga, Desa harapan Jaya, di kecamatan Padang cermin, kabupaten pesawaran.

Rute menuju Air Terjun Sinar Tiga

Dari Kota Landar Lampung menuju ke Air Terjun Sinar Tiga berjarak sekitar 56 kilometer, untuk menuju ke lokasi Air Terjun Sinar Tiga ini teman-teman bisa dengan menggunakan sepeda motor atau dengan menggunakan mobil, setelah itu teman-teman bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki dengan waktu sekitar 15-30 menit.

Air Terjun Sinar Tiga dikenal dengan nama Air Terjun Kabut karena dari puncaknya air terjun ini sering terlihat berkabut. Untuk mencapai ke Air Terjun Sinar Tiga teman-teman bisa menempuh rute yang ada di bawah ini.

Rute yang menuju ke Air Terjun Sinar Tiga mempunyai rute yang sama untuk menuju ke Air Terjun Ciupang, perjalanan kita mulai dari terminal Rajabasa, setelah itu teman-teman bisa mengarahkan kendaraan yang menuju ke jalan RE Martadinata, Teluk Betung. Jalan ini juga merupakan jalan yang menuju ke pantai-pantai yang ada di Teluk Lampung.

Lurus saja dengan mengikuti jalan utama yang menuju ke pantai Mutun, melewati pasar hanura, pantai sari ringgung, pantai mandapa, dermaga ketapang, pantai klara, pantai klaura/batu mandi, yonif 9 Marinir, polsek Padang Cermin, hingga teman-teman menemukan pertigaan.

Dari pertigaan ini teman-teman ambil saja arah yang menuju ke arah kanan, arah yang menuju ke kecamatan padang Cermin/Kedondong.

Jika teman-teman salah ambil jalan/teman-teman mengambil arah ke kiri, teman-teman akan sampai ke Marines Eco Park/Pantai Lembing dan pantai teluk kiluan.

Setelah teman-teman belok ke kanan dari pertigaan tadi, teman-teman akan melewati desa Khepong. Jika teman-teman sudah sampai di desa Khepong ini, teman-teman bisa menanyakan kepada warga di sekitar, arah yang menuju ke Sinar Tiga, Desa Harapan Jaya. Nanti teman-teman akan bertemu dengan jalan yang menuju ke arah kanan yang menuju ke Dusun Sinar 1, Dusun Sinar 2, dan Dusun Sinar3.

Kendaraan hanya bisa di masukan ke ujung yang melewati Dusun Sinar 3, di sana teman-teman bisa menitipkan kendaraan ke rumah warga.

Fasilitas Air Terjun Sinar Tiga

Setelah teman-teman menitipkan kendaraan di rumah warga, teman-teman harus berjalan kaki dengan menyursuri sungai untuk jalan yang menuju ke lokasi dari air terjun ini.

Jalan yang kita lewati tidak lah terlalu ekstrim, teman-teman pasti dengan sangat mudah melewatinya, supaya teman-teman tidak kecewa pada saat kesini ada baiknya kalau teman-teman kesini tidak pada saat musim hujan tiba, karena jalan akan sangat sulit di lalui.

Pada saat teman-teman memasuki Sinar Tiga, teman-teman akan melewati jalan onderlagh dan beberapa jalan tanah.

Setelah teman-teman menitipkan kendaraan, teman-teman masih harus berjalan kaki melewati kebun coklat dan lewat di pinggir sungai yang semakin menambah keasyikan di perjalanan, perjalanan ini hanya akan memakan waktu sekitar 20 menitan.

Selain Air Terjun Sinar Tiga disini juga sebenarnya masih terdapat air terjun cantik yang ada di atasnya, hanya saja sampai pada saat ini belum mempunyai akses jalan untuk menuju ke sana.

Air Terjun Sinar Tiga ini di kelola oleh Pokdarwis, jalan setapak terus di perbaiki oleh pengelola Air Terjun Sinar Tiga ini, serta di bangun juga fasilitas lain seperti tempat untuk istirahat, tempat duduk pengunjung, serta yang tidak kalah penting disini juga tersedia kamar mandi, guna membuat kenyamanan pengunjung pada saat kesini.

siuntung.com sangat berharap sekali kalau kedepannya, Air Terjun Sinar Tiga ini bisa menjadi tempati wisata unggulan yang ada di kabupaten pesawaran, Lampung.

jika teman-teman siuntung.com ingin menikmati Keindahan Air Terjun Sinar Tiga Pesawaran Lampung ini jangan lupa juga untuk mengajak keluarga, kerabat kerja, teman bermain kalian supaya liburan ke sini menjadi tambah asik.

catatan kecil, jangan membuang sampah sembarang di sini, karena sangat sayang sekali kalau alam yang kita cinta dan masih sangat alami harus kotor karena ulah kita sendiri.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *