Jawaban Berilah 1 contoh Hukum Perikatan dalam Ekonomi dan Bisnis serta 1 contoh Hukum Perjanjian dalam Ekon…

Jika kamu sedang mencari jawaban atas pertanyaan: Berilah 1 contoh Hukum Perikatan dalam Ekonomi dan Bisnis serta 1 contoh Hukum Perjanjian dalam Ekon…, maka kamu berada di tempat yang tepat.
Disini ada beberapa jawaban mengenai pertanyaan tersebut. Silakan baca lebih lanjut.

Pertanyaan

Berilah 1 contoh Hukum Perikatan dalam Ekonomi dan Bisnis serta 1 contoh Hukum Perjanjian dalam Ekonomi dan Bisnis

Read More

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: Berilah 1 contoh Hukum Perikatan dalam Ekonomi dan Bisnis serta 1 contoh Hukum Perjanjian dalam Ekonomi dan Bisnis

Jawaban:

Contoh Perikatan :

Dasar hukum Pasal 1233 KUHPdt “tiap tiap perikatan dilahirkan karena persetujuan baik karena UU”.

Contoh A berjanji menjual sepeda motor kepada B Akibat dari janji, A wajib menyerahkan sepeda miliknya kepada B dan berhak menuntut harganya sedangkan B wajib menyerahkan harga sepeda motor itu dan berhak untuk menuntut penyerahan sepeda.

Contoh Perjanjian:

Setelah pihak PT Surabaya Delta Plaza (PT SDP) mengajak Tarmin Kusno untuk meramaikan sekaligus berjualan di komplek pertokoan di pusat kota Surabaya, maka secara tidak langsung PT Surabaya Delta Plaza (PT SDP) telah melaksanakan kerjasama kontrak dengan Tarmin Kusno yang dibuktikan dengan membuat perjanjian sewa-menyewa di depan Notaris. Maka berdasarkan pasal 1338 BW yang menjelaskan bahwa “Suatu perjanjian yang dibuat secara sah berlaku sebagai undang-undang bagi mereka yang membuatnya” sehingga dengan adanya perjanjian/ikatan kontrak tersebut maka pihak PT SDP dan Tarmin Kusno mempunyai keterikatan untuk memberikan atau berbuat sesuatu sesuai dengan isi perjanjian.

Sekian tanya-jawab mengenai Berilah 1 contoh Hukum Perikatan dalam Ekonomi dan Bisnis serta 1 contoh Hukum Perjanjian dalam Ekon…, semoga dengan ini bisa membantu menyelesaikan masalah kamu.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.