Jawaban merangkum kisah Nabi Zulkifli as​

Jika kamu sedang mencari jawaban atas pertanyaan: merangkum kisah Nabi Zulkifli as​, maka kamu berada di tempat yang tepat.
Disini ada beberapa jawaban mengenai pertanyaan tersebut. Silakan baca lebih lanjut.

Pertanyaan

merangkum
kisah Nabi Zulkifli as​

Read More

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: merangkum
kisah Nabi Zulkifli as​

Kisah Nabi Zulkifli as

_________________

Nabi Zulkifli AS merupakan anak dari Nabi Ayyub AS dan Rahmah yang berarti Beliau merupakan cucu dari Nabi Ibrahim AS. Beliau diangkat menjadi Nabi dan Rasul oleh Allah SWT setelah kenabian ayahnya Nabi Ayyub AS.

Masa kecil Nabi Zulkifli AS bernama Basyar berarti orang sabar. Sejak kecil Nabi Zulkifli AS tidak pernah berbohong dengan semua janji yang telah Ia ucapkan. Beliau selalu menepati apa yang telah janjikan, sehingga membuat orang di sekelilingnya senang dengannya.

Disaat Beliau mendapatkan cobaan yang diberikan Allah SWT, tidak pernah ia sedikitpun mengeluh. Nabi Zulkifli AS malah lebih mendekatkan dirinya dengan penuh iman dan ketakwaan kepada Allah SWT. Kisah kesabaran yang dimiliki Nabi Zulkifli AS diabadikan dalam Alquran pada surat Al-Anbiyaa’ ayat 85 sampai 86.

Nabi Zulkifli tinggal di wilayah negeri dengan pimpinan Nabi Ilyasa yang merupakan seorang raja yang arif serta bijaksana. sang Raja Nabi Ilyasa AS semakin tua karena umur, Ia tidak dikaruniai anak. Hingga di suatu hari raja mengadakan sebuah sayembara kepada seluruh rakyat Negerinya.

Sayembara Raja berisi untuk rakyatnya memimpin negerinya dengan syarat bagi orang yang sabar yang berpuasa di siang hari dan beribadah di malam hari. Nabi Zulkifli AS menyanggupi syembara itu. Mereka yang hadir disana tidak yakin akan kemampuan atas persyaratan yang di sampaikan Raja, karena Nabi Zulkifli AS pada saat itu yang masih sangat muda usianya.

Raja awalnya ragu dan tidak menerima Nabi Zulkifli yang mencalonkan diri menjadi raja karena faktor usianya yang masih muda. Namun Raja Ilyasa mempunyai pikiran bahwa anak muda itu kelak bisa untuk memerintah rakyatnya dengan penuh kebajikan.

Dan pada akhirnya dari sekian banyak hadirin yang ada, hanya Dia sendiri yang sanggup untuk menjalankan persyaratan yang Raja Ilyasa berikan. Akhirnya Raja Ilyasa setuju untuk menjadikan Nabi Zulkifli menjadi seorang raja. Karena kesabaran yang dimiliki Nabi Zulkifli AS inilah yang membuatnya menjadi seorang raja.

Allah SWT telah mengangkat Nabi Zulkifli AS sebagai Nabi dan Rasul setelah beberapa hari menjadi raja menggantika Raja Ilyasa. Ia memenuhi segala janjinya sebagai raja, dan Allah SWT memberikannya ujian, melalui setan yang berkeinginan untuk menggoyahkan iman dan ketakwaannya.

Di suatu malam hari disaat Nabi Zulkifli AS mau tidur, iblis menjelma menjadi seorang musafir laki-laki tua menghampirinya. Iblis mencoba menggoda kesabaran dan keimanan Nabi Zulkifli AS sebagai tamunya di tengah malam.

Hingga pada akhirnya Nabi Zulkifli mengetahui bahwa iblis itu mencoba untuk membuatnya marah. Namun setan gagal membuat Nabi Zulkifli marah karena keberhasilannya menahan amarah.

Nabi Zulkifli AS beranggapan siapapun tamunya, tamu tersebut membawa rahmat dari Allah SWT.

Di suatu hari, Nabi Zulkifli mendapat cobaan dengan adanya sekelompok orang yang durhaka kepada Allah membuat pemberontakan dan kerusakan di negerinya. Kemudian Nabi Zulkifli AS memerintahkan kepada tentara dan rakyatnya untuk memerangi mereka untuk berangkat menuju medan perang.

Tetapi Rakyat Nabi Zulkifli AS takut mati apabila berperang, mereka bersedia untuk maju berperang apabila Nabi Zulkifli menjamin hidupnya. Mendengar apa yang disampaikan rakyatnya itu Nabi Zulkifli AS tidak marah. Akhirnya Nabi Zulkifli AS berdoa kepada Allah SWT agar Allah SWT menjamin keselamatan mereka saat berperang. Pada akhirnya Nabi Zulkifli AS wafat pada umurnya yang ke 95 tahun di Damaskus Negeri Syria.

_______________________

#Kamis19November2020

#Followlikeandcomment

#fatversrealaccount

#Ikutianjuranpemerintah

#StayAthome

#Pakailahmaskerketikakeluarrumah

#Jagajarakminimal1meter

#Semogabermanfaat.

Sekian tanya-jawab mengenai merangkum kisah Nabi Zulkifli as​, semoga dengan ini bisa membantu menyelesaikan masalah kamu.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.