Jawaban fungsi asli dan fungsi turunan uang

Jika kamu sedang mencari jawaban atas pertanyaan: fungsi asli dan fungsi turunan uang, maka kamu berada di tempat yang tepat.
Disini ada beberapa jawaban mengenai pertanyaan tersebut. Silakan baca lebih lanjut.

Pertanyaan

fungsi asli dan fungsi turunan uang

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: fungsi asli dan fungsi turunan uang

A. Fungsi Asli Uang

Fungsi asli uang adalah fungsi-fungsi yang melekat pada uang tersebut yang merujuk pada tujuan dasar atau awal mulanya diciptakannya uang. Adapun fungsi asli uang adalah sebagai berikut.

1. Uang sebagai alat tukar umum

Uang sebagai alat tukar umum artinya adalah uang diciptakan untuk digunakan sebagai alat tukar di dalam masyarakat yang digunakan ketika membeli atau menginginkan suatu barang atau jasa.

Contoh: Kita membeli makanan kepada penjual makanan dengan menggunakan uang (uang ditukar dengan makanan).

2. Uang sebagai satuan hitung

Uang sebagai satuan hitung artinya adalah uang ditetapkan sebagai satuan ukuran yang digunakan untuk menentukan seberapa besar nilai atau harga suatu barang atau jasa yang ditawarkan. Dengan adanya uang ini, kita dapat dengan mudah menentukan seberapa besar nilai suatu barang atau jasa.

Contoh: harga sebuah buku Rp 10.000,00, harga sebuah bolpen Rp 5.000,00, dan lain sebagainya.

B. Fungsi Turunan Uang

Selain memiliki fungsi asli, ternyata uang juga memiliki fungsi turunan, yaitu fungsi yang muncul selain fungsi yang berdasarkan tujuan awal diciptakannya uang. Adapun fungsi turunan uang adalah sebagai berikut.

1. Uang sebagai alat pembayaran

Uang dapat diguakan sebagai alat pembayaran yang sah apabila digunakan sebagai alat dalam pelunas kewajiban. Misalnya, kita menggunakan uang untuk membayar tagihan listrik, membayar hutang, membayar spp dan lain sebagainya.

2. Uang sebagai alat untuk menabung

Uang dapat digunakan sebagai alat untuk menabung. Hal ini dikarenakan seseorang terkadang memiliki keadaan keuangan yang tidak stabil atau tetap. Suatu hari mereka bisa mempunyai uang yang berlebih, dan bisa saja di waktu yang lain mereka dapat mengalami kekurangan uang untuk pembayaran tertentu.

Jawaban #2 untuk Pertanyaan: fungsi asli dan fungsi turunan uang

1.fungsi sebagai alat tukar umum
2.satuan hitung
fungsi turunan uang
1.uang sebagai alat pembayaran
2.alat menabung
3.pemindah kekayaan
4.pembentuk atau penimbun kekayaan
5.pendorong kegiatan ekonomi

Sekian tanya-jawab mengenai fungsi asli dan fungsi turunan uang, semoga dengan ini bisa membantu menyelesaikan masalah kamu.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *