Jawaban Hukum ALLAH SWT itu ada dua macam yaitu tertulis dan tidak tertulis hukum terulis lazim disebut ayat

Jika kamu sedang mencari jawaban atas pertanyaan: Hukum ALLAH SWT itu ada dua macam yaitu tertulis dan tidak tertulis hukum terulis lazim disebut ayat, maka kamu berada di tempat yang tepat.
Disini ada beberapa jawaban mengenai pertanyaan tersebut. Silakan baca lebih lanjut.

Pertanyaan

Hukum ALLAH SWT itu ada dua macam yaitu tertulis dan tidak tertulis hukum terulis lazim disebut ayat

Read More

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: Hukum ALLAH SWT itu ada dua macam yaitu tertulis dan tidak tertulis hukum terulis lazim disebut ayat

Hukum tertulis lazim disebutkan dalam ayat al-qur’an salah satunya dalam Q.S Al-‘alaq: 1-5 yang berbunyi:

اِقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِيْ خَلَقَۚخَلَقَ الْاِنْسَانَ مِنْ عَلَقٍۚاِقْرَأْ وَرَبُّكَ الْاَكْرَمُۙالَّذِيْ عَلَّمَ بِالْقَلَمِۙعَلَّمَ الْاِنْسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْۗ

Artinya: Bacalah (ya Muhammad) dengan nama Tuhanmu Yang Menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah. Yang Mengajar (manusia) dengan perantaraan alam. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.” (QS. Al-‘Alaq:1-5)

Pembahasan

  1. Ayat qauliyah adalah ayat-ayat yang telah difirmankan Allah secara langsung yang tertulis dalam mushaf Al-Quran. Peraturan-peraturan, perintah dan larangan Allah tertulis di dalam al-qur’an. Contoh ayat qauliyah salah satunya ada pada surah Al-‘alaq yang ada pada jawaban di atas.
  2. Ayat qauniyah adalah tanda-tanda kebesaran Allah selain yang terdapat dalam Al-Quran yaitu bisa berupa alam semesta beserta fenomena alam yang terjadi di dalamnya. Seperti yang Allah katakan dalam Q.S Al-baqarah ayat 164:

إِنَّ فِى خَلْقِ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ وَٱخْتِلَٰفِ ٱلَّيْلِ وَٱلنَّهَارِ وَٱلْفُلْكِ ٱلَّتِى تَجْرِى فِى ٱلْبَحْرِ بِمَا يَنفَعُ ٱلنَّاسَ وَمَآ أَنزَلَ ٱللَّهُ مِنَ ٱلسَّمَآءِ مِن مَّآءٍ فَأَحْيَا بِهِ ٱلْأَرْضَ بَعْدَ مَوْتِهَا وَبَثَّ فِيهَا مِن كُلِّ دَآبَّةٍ وَتَصْرِيفِ ٱلرِّيَٰحِ وَٱلسَّحَابِ ٱلْمُسَخَّرِ بَيْنَ ٱلسَّمَآءِ وَٱلْأَرْضِ لَءَايَٰتٍ لِّقَوْمٍ يَعْقِلُونَ

Artinya: “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.”

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang hukum tertulis dan tidak tertulis Allah https://brainly.co.id/tugas/2098151
  2. Materi tentang hukum dan ketentuan Allah tercatat pada https://brainly.co.id/tugas/13896763
  3. Materi tentang penjabaran hukum tertulis dan tidak tertulis Allah https://brainly.co.id/tugas/2841556

Detail jawaban

Kelas: X

Mapel: PAI

BAB: 4

Kode: 10.14.4

#AyoBelajar

Sekian tanya-jawab mengenai Hukum ALLAH SWT itu ada dua macam yaitu tertulis dan tidak tertulis hukum terulis lazim disebut ayat, semoga dengan ini bisa membantu menyelesaikan masalah kamu.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *