Home ยป Bagaimana Cara Anda Membelanjakan Uang?

Salah satu point penting dalam membuat rencana keuangan secara mandiri adalah kita tahu dengan pasti kemana perginya uang yang kita hasilkan. Kita harus mengetahui bagaimana karakteristik pengeluaran. Anda harus tahu bagaimana cara Anda membelanjakan uang?

Untuk mengetahui karakteristik pengeluaran, mau tidak mau kita harus mencatat semua pengeluaran. Pada tulisan sebelumnya, saya telah membahas bagaimana mengelola uang (mencatat pendapatan dan pengeluaran serta membuat budget) dengan menggunakan aplikasi smartphone.

Pos-pos pendapatan mudah sekali kita identifikasi sumber dan jumlahnya karena biasanya sumbernya hanya sedikit, nominalnya besar, serta ada bukti pemasukan seperti slip gaji. Sebaliknya, pos-pos pengeluaran jumlahnya jauh lebih banyak, uang yang keluar kecil-kecil, dan seringnya tidak ada bukti (bayar angkutan umum, beli gorengan, atau mie rebus di warung) sehingga seringkali kita kehilangan jejak pengeluaran uang.

Karakteristik pengeluaran untuk masing-masing individu dan keluarga berbeda-beda. Hal ini bisa jadi dipengaruhi oleh budaya (negara, gaya hidup), pendapatan dan usia. Sebagai contoh, berikut adalah perbedaan karakteristik pengeluaran penduduk Amerika dengan penduduk Indonesia.

Pengeluaran Penduduk Indonesia

Sumber data di sini

Pengeluaran Penduduk USSumber data di sini

Dari tabel di atas dapat dilihat:

– Penduduk Indonesia lebih banyak menghabiskan uang untuk makanan (sekitar 24%) ketimbang Amerika (13%).

– Penduduk Amerika menghabiskan uang lebih banyak untuk rumah (35%) ketimbang Indonesia (19%).

– Penduduk Amerika lebih suka menabung, membayar asuransi, atau persiapan pensiun ketimbang Indonesia.

– Persentase pengeluaran untuk kesehatan penduduk Indonesia lebih rendah ketimbang Amerika

– Orang Indonesia memberikan tunjangan kepada orang tua (sekitar 5%)

– Pengeluaran penduduk Amerika untuk alkohol dan tembakau sebesar 1,7%

Dengan mengetahui karakteristik pengeluaran, kita bisa lebih mudah merencanakan keuangan. Misalnya, jika pengeluaran untuk makan di atas 30% atau di atas rata-rata pengeluaran makan orang Indonesia, sudah saatnya kita berhemat dengan mengurangi makan di luar atau di restoran dan sebagiannya bisa disisihkan untuk keperluan lain, seperti menabung, membeli kendaraan, dll.


Comments

Bagaimana Cara Anda Membelanjakan Uang? — No Comments

    Leave a Reply