Home » Bijak Menggunakan Bonus Tahunan

Pada awal tahun, para karyawan biasanya mendapatkan pembagian bonus tahunan. Basis perhitungan bonus tahunan ini pada umumnya merupakan kombinasi antara performa perusahaan secara keseluruhan, performa departemen serta performa individu. Besaran bonus tahunan ini beragam, tapi secara umum ada dikisaran 1 sampai 2 kali gaji bulanan, tergantung kebijakan perusahaan.

Karena bonus tahunan dibagikan bersama dengan gaji bulanan, maka jumlah penghasilan yang diterima pada awal tahun biasanya lumayan besar. Dampak psikologis dari situasi ini adalah kita cenderung membuat rencana pengeluaran yang lebih besar dari biasanya, misalnya untuk ganti gadget, beli perabotan rumah, belanja ke mall, dll.

Pada kesempatan ini, saya ingin mendiskusikan bagaimana membuat perencanaan keuangan yang baik dalam menggunakan bonus tahunan agar tidak terjebak pada hal yang sifatnya konsumtif. Untuk itu, penggunaan bonus tahunan harus berdasarkan skala prioritas, yaitu dari yang paling penting dan mendesak sampai kepada yang kurang penting dan kurang mendesak.

Melunasi Kewajiban

Sebelum Anda menggunakan bonus tahunan untuk keperluan lain, bonus seharusnya digunakan untuk melunasi utang atau kewajiban. Jangan sampai Anda ganti gadget baru, tapi masih ada utang atau kewajiban, apalagi jika orang yang menghutangi Anda sampai tahu bahwa Anda ganti gadget baru padahal masih ada kewajiban. 

Pengembangan Diri

Kita tentu ingin setiap tahun ada target pengembangan diri yang dicapai, baik dari sisi karir, pendidikan, dll. Saat menerima bonus tahunan, Anda bisa menggunakannya untuk kursus atau training, menabung untuk melanjutkan kuliah, membeli buku, dll. Dengan menyisihkan bonus tahunan untuk pengembangan diri, diharapkan karir dan penghasilan Anda menjadi lebih baik dan bonus tahunan yang Anda terima tahun depan jadi lebih besar. 🙂

Sarana Olah Raga dan Kesehatan

Untuk mempertahankan performa Anda dalam bekerja, Anda harus menjaga kebugaran tubuh. Untuk itu, Anda bisa menggunakan bonus tahunan untuk beli sepeda, sepatu olah raga, maupun peralatan olah raga dan kebugaran yang lain. 

Tabungan & Investasi

Mungkin jarang dari kita yang menggunakan bonus tahunan untuk tabungan dan investasi, misalnya untuk membuka deposito ataupun membeli emas atau instrumen investasi yang lain yang terjangkau. Sebagi contoh, saat ini saya sedang investasi di lambbank.com, yaitu investasi domba dengan cara dicicil, yang hasilnya nanti bisa buat qurban atau akikah anak saya :). O ya, Anda juga bisa mencoba instrumen investasi syariah yaitu Sukuk Ritel Seri SR007 yang relatif terjangkau dan menguntungkan dengan minimum pembelian 5 juta dan kupon 8,25%.

Kebutuhan Rumah Tangga

Cobalah perhatikan peralatan dan perabotan rumah Anda, apakah sudah waktunya untuk diganti seperti karpet, tempat tidur, hordeng, dll. Perhatikan pula alat-alat dapur, seperti wajan yang mengelupas, panci yang bocor, dll. Atau tanyakan ke istri apakah kita membutuhkan mesin cuci yang baru.

Hobi dan Kesenangan

Sudah menjadi hal yang lumrah dan wajar, bonus tahunan sering digunakan untuk kebutuhan ini seperti ganti gadget baru, laptop baru, dll, yang sejatinya bersifat konsumtif. Padahal jika kita cermati, barang-barang yang lama sebenarnya masih bisa digunakan.


Comments

Bijak Menggunakan Bonus Tahunan — No Comments

    Leave a Reply