Home » Ini Dia Cara Membuat Facebook Page untuk Bisnis Anda

Apa itu Facebook Page?

Facebook Page adalah salah satu fitur di media sosial Facebook yang diperuntukkan bagi bisnis, brand atau merek, dan organisasi untuk berbagi cerita dan terhubung dengan audience atau pelanggan. Membuat facebook page untuk bisnis, juga blog, sangat penting untuk terhubung dengan pembaca blog.

Sederhananya, Facebook Page adalah akun Facebook untuk bisnis, brand dan organisasi, agar terpisah dari akun pribadi. Jadi kalau kamu punya toko online, blog, warung atau kafe, bisa menggunakan Facebook Page untuk terhubung dengan pelanggan.

Hal ini karena Facebook adalah jejaring sosial yang memiliki pengguna paling banyak di dunia, yaitu mencapai 1,65 milyar pengguna di seluruh dunia dan 63 juta lebih pengguna asal Indonesia.

Seperti halnya akun pribadi, dengan Facebook Page kita bisa berbagi cerita melalui status, mengadakan event atau acara, menambahkan aplikasi dan masih banyak yang lain. Orang yang me-like Facebook Page kamu akan mendapatkan update di News Feed.

Manfaat Facebook Page

Manfaat Facebook Page bagi bisnis adalah sebagai berikut:

  • Membangun hubungan dengan pelanggan serta meraih pelanggan baru
  • Didesain khusus untuk bisnis dan sangat mobile friendly
  • Mengarahkan pelanggan untuk melakukan aksi seperti membeli, mendaftar, menggunakan app dll
  • Mengetahui perilaku pelanggan untuk membantu bisnis kamu semakin besar

Cara Membuat Facebook Page untuk Bisnis

Cara membuat Facebook Page sangat mudah,

1. Buka halaman Create Facebook Page dengan alamat

2. Pilih tipe Page yang akan kamu buat. Ada 6 tipe Pages yang tersedia, yaitu sebagai berikut:

  • Local Business or Place – untuk bisnis offline sepert Kafe, laundry dll
  • Company, Organisation or Institution – untuk Perusahaan
  • Brand or Product – untuk merek atau produk tertentu
  • Artist, Band or Public Figur – untuk artis, tokoh masyarakat, grup band dll
  • Entertainment – untuk hiburan
  • Cause or Community – untuk komunitas, gerakan dll

3. Pilih kategori Page. Setelah memilih tipe Pages, tentukan kategori Pages yang akan dibuat. Sebagai contoh, kami akan membuat membuat Pages untuk Blog 101cara.id, pada Brand or Product pilih kategori Website.

4. Buat nama Pages. Setelah memilih kategori, pilih nama untuk Pages yang akan dibuat,  lalu klik tombol Get Started

5. Buat deskripsi singkat Pages. Buat deskripsi singkat tentang Pages kamu agar orang langsung mengerti apa yang ditawarkan dari Pages tersebut.

6. Upload Profile Picture. Unggah foto profil Pages yang sudah disiapkan sebelumnya. Untuk mendapatkan hasil terbaik, gunakan profile picture dalam bentuk persegi (square) dengan ukuran pixel yang besar agar tidak pecah. Profile picture tidak harus didesain menggunakan software desain grafis. Pada contoh di bawah, profile picture 101cara.id dibuat dengan menggunakan software Excel 🙂

7. Tambahkan Pages ke menu favorit agar mudah diakses. Karena baru dibuat, usahakan agar Pages dikelola secara rutin. Untuk tujuan tersebut, Pages harus mudah terlihat yaitu dengan cara ditambahkan ke menu Favorite.

8. Pilih audiens atau pelanggan yang menjadi target Pages. Setelah menambahkan Pages di menu favorit, langkah selanjutnya adalah memilih target pasar yang akan kita bidik. Sebagai contoh, 101cara.id memilih target audience dari dalam negeri (berbahasa Indonesia). Tapi, kami juga mentargetkan audience yang menggunakan English.

9. Buat tampilan Pages lebih menarik dengan mengganti cover. Setelah langkah 8 selesai, akan terbuka halaman awal Facebook Pages. Selanjutnya, ubah cover agar tampilan Pages lebih ciamik. Untuk gambar cover Pages, bisa diperoleh di situs penyedia gambar gratis seperti Pixabay.

10. Undang teman-teman kamu untuk like Pages yang baru kamu bikin. Langkah selanjutnya, kamu bisa mengundang teman-teman untuk me-like Facebook Pages yang baru saja kamu bikin, membuat status, membagi link artikel blog, dll.

Nah, demikian cara membuat Facebook Page untuk bisnis. Mudah, kan?


Comments

Ini Dia Cara Membuat Facebook Page untuk Bisnis Anda — No Comments

    Leave a Reply