Home » Cara Mengoptimalkan Media Sosial Untuk Bisnis

Mengoptimalkan Media Sosial Untuk Membangun Bisnis

Bagaimana cara berjualan di media sosial tanpa kehilangan pertemanan? Bagaimana cara mengoptimalkan media sosial untuk membangun bisnis?




Suatu hari, istri saya menunjukkan sebuah status Facebook yang isinya kurang lebih seperti ini: “Tolong jangan tag saya lagi dong. Saya juga jualan online, tapi saya nggak pernah ngetag orang. Notifikasinya jadi banyak banget nih, berisik tang ting tang ting terus..”

cara mengoptimalkan media sosial untuk membangun bisnis

Bagi pengguna media sosial terutama Facebook, status seperti ini sering kita jumpai. Dari yang hanya sekadar curcol sampai bernada marah-marah. Dari yang sifatnya hanya pemberitahuan, sampai yang bernada ancaman seperti “kalau lw masih nge-tag dagangan lw ke gw, gw remove lu dari pertemanan”. Serem!

Memang, kalau kita cermati, banyak orang menggunakan akun pribadi layaknya etalase toko. Setiap hari, ia mengupload foto barang dagangannya. Padahal, beberapa media sosial sudah menyediakan fitur yang jauh lebih lengkap untuk sekadar jualan bahkan untuk membangun bisnis sekalipun, yang terpisah dari akun pribadi sehingga kita tidak kehilangan privasi dalam bermedia sosial.

Akibatnya, banyak orang memutuskan tali pertemanan di media sosial karena tak tahan dengan promosi jualan yang sangat masif, bukan hanya jualan di status, tapi juga ngetag foto barang dagangan, bahkan jauh lebih ‘lancang’ lagi dengan cara memposting jualan di wall orang lain.

Padahal, berjualan adalah suatu aktivitas atau kegiatan mengajak orang lain, yang sangat mungkin tidak kamu kenal, untuk membayar sejumlah uang untuk membeli barang yang sangat mungkin tidak atau belum mereka butuhkan. Maka, untuk berjualan dibutuhkan cara-cara persuasif dan tidak mengancam, bahkan meski di media sosial sekalipun.

Nah, gimana caranya berjualan di media sosial tanpa kehilangan pertemanan? Berikut saya sarikan cara mengoptimalkan media sosial untuk membangun bisnis, entah itu menjual produk/barang maupun menawarkan jasa.

#1 Buat Website

Hal yang pertama kali perlu kamu lakukan adalah membuat bisnismu online dengan sebuah webiste. Bentuk dari website ini bermacam-macam, bisa berbentuk toko online, portal berita, pendidikan, training, game online, dll. Untuk membuat website, kamu bisa memilih website berbayar atau yang gratis.Contoh website berbayar misalnya webiste Vepro Nusa Persada.

Dalam kasus ini, saya mengambil contoh toko online yang saya kelola  dengan alamat di http://tokopedia.com/telorasinbrebes yang diperoleh secara gratis di Tokopedia.

telor asin brebes

http://tokopedia.com/telorasinbrebes

Setelah langkah pertama ini selesai, kamu telah siap untuk membangun sebuah bisnis dengan skala yang bisa kamu tentukan sendiri.

#2 Jaring Fans dengan Facebook Page

Seperti disinggung sebelumnya, jualan dengan akun pribadi beresiko kehilangan pertemanan di jejaring sosial jika kita tidak melakukannya dengan tepat. Untuk itu, Facebook menawarkan media lain yang jauh lebih lengkap yaitu dengan Facebook Page atau Fanpage. Mengapa Fanpage, bukannya group atau akun pribadi? Kita bisa memahaminya secara logis dari bagan ini.

Alasan Logis Mengapa Menggunakan Fanpage

Alasan Logis Mengapa Menggunakan Fanpage

Selain alasan di atas, Facebook telah melengkapi Fanpage dengan banyak sekali fitur yang sangat bermanfaat antara lain:

Insight. Yaitu tools untuk menganalisa statistik interaksi fans dengan Page bisnis. Dengan tools ini kita bisa mengetahui jumlah kunjungan status atau foto yang diposting, mengetahui komposisi fans, dll.

Cal-to-Action. Yaitu tombol yang bisa langsung menghubungkan fans dengan tujuan bisnis atau mengkonversi penggemar menjadi pelanggan. Dengan tools ini, fans bisa langsung membeli (Shop Now), menggunakan (Use App), membooking (Book Now), memainkan (Play Game), menghubungi (Contact Us), mendaftar (Sign Up), dll. Tools ini terletak di kanan bawah Cover Page.

Telor Asin Brebes

Telor Asin Brebes

Offer, Event, Milestone. Fungsi ini merupakan bagian dari posting atau update Page, dimana kita bisa memberi penawaran potongan harga atau diskon, memberitahukan event maupun milestone bisnis yang kamu kelola yang langsung dikirim ke alamat email fans.

Advert. Yaitu tools untuk mengiklankan bisnis secara tertarget melalui Facebook yang sifatnya berbayar.

#3 Buat Bisnis Kamu Mudah Ditemukan dengan Google Maps

Jadikan bisnis kamu mudah ditemukan oleh orang lain melalui mesin pencari Google dengan cara mengklaim lokasi lokasi atau outlet bisnis di Google Maps. Cara mengklaimnya cukup mudah, yaitu dengan melengkapi identitas bisnis tersebut. Sebagai contoh, Sop Durian Durio, sebuah warlaba yang dikelola salah seorang teman. Jika saya mengetikkan kata kunci “sop durian durio” di Google, muncul badge yang menunjukan lokasi Sop Durian Durio di sebelah kanan hasil pencarian seperti ini.

Sop Durian Durio

Sop Durian Durio

#4 Eksis Di Twitter

Menurut Andrew Marnell, dalam bukunya yang berjudul Twitter fo Small Business, menyebutkan keuntungan yang bisa diperoleh menggunakan media sosial twitter untuk tujuan bisnis antara lain:

  • menambah jaringan
  • menarik pelanggan baru
  • memperoleh informasi yang relevan bisnis yang kamu geluti
  • menjaga kedekatan dengan pelanggan

Untuk memperoleh keuntungan tersebut, pengguna twitter harus memiliki strategi dalam menggunakan twitter untuk mempromosikan bisnis. Salah satu tips dari Marnell yang sangat bermanfaat adalah dengan menerapkan strategi marketing yang konsisten melalui twit. Marnell menyusun konten twit harian (daily tweet) sebagai berikut:

  • Senin | PROMOTION (Melakukan promosi)
  • Selasa | BEHIND-THE-SCENES (Menceritakan pengalaman perusahaan)
  • Rabu | HELPFUL TIPS (Membagi tips bermanfaat kepada pelanggan)
  • Kamis | CUSTOMER SPOTLIGHTS (Berinteraksi intens dengan pelanggan)
  • Jumat | INDUSTRY NEWS (Berbagi perkembangan terbaru industri)
  • Sabtu | COMMUNITY SPOTLIGHTS (Berbagi kegiatan sosial yang diikuti perusahaan)
  • Minggu | INTERNAL AFFAIRS (Berbagi apapun tentang perusahaan, entah itu karyawan teladan, piknik, dll)

#5 Narsis Di Instagram

A picture is worth thousands words. Sebuah gambar lebih baik dari ribuan kata-kata. Instagram memberikan kita ruang untuk menjadikan gambar atau foto menjadi lebih hidup dan menarik. Dengan isntagram, kamu bisa mengupload foto atau gambar produk, foto-foto kekompakkan tim, kegiatan sosial, maupun pesan-pesan positif lain.




Comments

Cara Mengoptimalkan Media Sosial Untuk Bisnis — 3 Comments

Leave a Reply