Home ยป Dana Darurat

Pada tahap awal mengelola uang, kita biasanya belum memiliki pos untuk dana darurat. Segera setelah Anda bisa menyisihkan uang untuk menabung, alokasikan sebagian penghasilan Anda untuk dana darurat. Perencana keuangan menganjurkan jumlah dana darurat sebesar 3 sampai 6 kali penghasilan sebulan.

dana darurat

Mengapa kita perlu mengalokasikan uang untuk dana darurat dan mengapa jumlah yang dianjurkan terbilang cukup besar?

Jawabannya adalah karena ada kondisi yang terjadi di luar kemampuan manusia, tidak dapat dihindari serta tak bisa diprediksikan, yang dikenal dengan istilah takdir. Kondisi tersebut bisa berupa sakit, kecelakaan, bencana alam hingga diberhentikan dari tempat kerja karena perusahaan atau kondisi ekonomi mengalami masa yang sulit.

Saat ini, Anda mungkin merasa sehat. Anda sudah berolah raga secara rutin, tidak merokok, serta makan makanan yang sehat. Akan tetapi, Anda bisa saja tiba-tiba sakit karena kondisi lingkungan yang buruk. Atau jika Anda tidak sakit, bisa saja istri atau si kecil yang sakit dan harus segera dibawa ke dokter. Meskipun Anda mendapat paket lengkap kesehatan dari kantor, terkadang Anda harus mengeluarkan uang dalam jumlah yang besar sebelum diganti oleh perusahaan.

Pada kondisi bencana atau kehilangan pekerjaan, dana ini akan sangat membantu seperti sebuah sekoci di saat kapal akan tenggelam. Dengan jumlah dana darurat yang memadai (3-6 kali gaji sebulan), Anda bisa bertahan hidup untuk beberapa bulan sebelum Anda mendapatkan pekerjaan.

Untuk membedakan dana darurat dengan dana belanja bulanan, pisahkan dana darurat dalam rekening terpisah. Karena sifatnya yang hanya sesekali dipakai, Anda bisa menggunakan rekening tanpa disertai kartu ATM atau kartu debet untuk menampung dana darurat, tapi usahakan masih memungkinkan transfer antar rekening misalnya dengan internet atau sms banking.

Uang Tunai Darurat

Anda mungkin tipe orang yang sangat disiplin dalam mengelola uang. Setiap hari, Anda membatasi uang harian hanya sebatas yang Anda perlukan, misalnya transportasi dan makan siang. Jika kondisinya demikian, pertimbangkanlah untuk menyiapkan uang tunai darurat. Uang tunai darurat ini akan sangat berguna misalnya ketika ban kendaraan meletus, atau pertemuan tidak sengaja dengan rekan bisnis yang mengharuskan Anda mengeluarkan sejumlah uang, misalnya untuk secangkir kopi.


Comments

Dana Darurat — 4 Comments

Leave a Reply