Home » Kunci Sukses Menabung Agar Tabunganmu Terus Bertambah Setiap Bulan

Kunci Sukses Menabung

Dua bulan setelah kami serius mengelola uang—membuat anggaran bulanan, disiplin mencatat pengeluaran dan membuat laporan bulanan, suatu hari istri saya mengajak saya ke bank untuk menabung atau membuka rekening tabungan.




Padahal sebelumnya, kami jarang memiliki sisa uang pada akhir bulan. Malah, kami pernah beberapa kali mengalami defisit.

kunci sukses menabung

Dengan membuat anggaran, kita bisa memprediksikan sisa uang yang akan dimiliki pada akhir bulan. Dengan mencatat realisasi pengeluaran, kita akan tahu persis berapa sisa uang yang dimiliki pada akhir bulan. Sisa uang itulah yang nantinya akan dialokasikan untuk menabung (atau berinvestasi).

Setelah mengetahui sisa uang pada akhir bulan, segeralah membuka rekening baru khusus untuk tabungan. Bagi penabung pemula, sangat disarankan membuka rekening tabungan berjangka. Tabungan berjangka yaitu tabungan dimana kita akan menabung selama masa tertentu, misalnya 3, 5 atau 10 tahun, dengan cara mendebit rekening secara otomatis setiap bulan.

Perencana keuangan menyebut ada dua kunci sukses dalam menabung yaitu memulai lebih awal (pada usia dini) dan melakukannya dengan disiplin.

Memulai lebih awal artinya jangan menunggu nanti ketika memiliki banyak uang. Menabunglah selagi masih muda saat penghasilan masih kecil. Menabunglah secara gradual dengan persentase tertentu dari penghasilan. Sedangkan disiplin berarti jumlah uang yang ditabung dan waktunya harus jelas. Tabungan berjangka memenuhi syarat disiplin ini.

Sebagai contoh, Udin (20 tahun) yang baru lulus kuliah jurusan akuntansi, diterima bekerja dengan gaji awal sebesar 3,000,000. Karena Si Udin adalah sosok pemuda yang melek finansial, setiap bulan ia menyisihkan 10% dari penghasilannya untuk ditabung.

Dengan asumsi rata-rata kenaikan gaji 7% per tahun, Udin akan memiliki uang lebih dari 25 juta pada usia 25 tahun atau lebih dari 50 juta pada usia 30 tahun. Belum lagi, Udin akan memperoleh keuntungan berupa bunga tabungan atau bagi hasil jika menabung di bank syariah.

Jumlah tersebut cukup untuk persiapan menikah dengan gadis pujaan hatinya. Apalagi jika Udin memiliki karir yang bagus di perusahaan tempat ia bekerja, dengan skema tabungan yang sama, jumlah tabungannya bisa lebih besar (lihat ilustrasi di bawah).

Gambar Ilustrasi Tabungan Udin

Ilustrasi Tabungan Udin

Berikut adalah kunci sukses dalam menabung:

  • Tentukan persentase penghasilan yang akan ditabung misalnya 5%, 10%, 15% atau 20% disesuaikan dengan anggaran bulanan
  • Gunakanlah tabungan berjangka dengan waktu pendebetan pada awal bulan atau setelah tanggal gajian untuk memastikan agar uang tidak digunakan untuk keperluan yang lain
  • Lupakanlah bahwa kita memiliki tabungan, anggap saja kita sedang membayar cicilan rumah atau motor dan pada akhir periode tabungan berjangka, tahu-tahu kita memiliki sejumlah uang yang cukup banyak.

Seperti lirik lagu Saskia, Geofany dan Bu Titiek Puspa:

Bing beng bang yok kita ke bank
Bang bing bung yok kita nabung
Tang ting tung hey jangan dihitung
Tahu-tahu kita nanti dapat untung




Comments

Kunci Sukses Menabung Agar Tabunganmu Terus Bertambah Setiap Bulan — 9 Comments

  1. Kalau saya selalu menabung langsung di awal bulan waktu terima gaji, jadi ngga nunggu sisa.

    Tapi ada beberapa perencana keuangan yang bilang menabung di tabungan berjangka untuk invest jangka panjang kurang efektif.

    • wah mantap sudah mulai duluan. 🙂

      sebenernya invest dan saving itu beda id. agar bisa invest, kita bisa memulainya dengan saving. nanti kalo dana sudah banyak bisa dipindah ke instrumen investasi.

  2. Udah pake tab berjangka dari 2011, dulu nabung buat nikah.
    Setelah nikah lebih tertarik nabung emas, jadinya buka taber utk dibeliin emas pas jatuh tempo.

Leave a Reply