Home ยป Mengelola Keuangan dengan Toshl Finance

Sejak Agustus lalu, saya menggunakan aplikasi Toshl Finance, sebuah aplikasi keuangan di smartphone. Aplikasi Toshl merupakan aplikasi untuk mengelola dan merencanakan keuangan, misalnya untuk mencatat pengeluaran, pemasukan, serta membuat family budget.

Baca Juga: Tutorial Toshl Finance




Dengan Toshl Finance, saya mencatat semua pengeluaran saya sehari-hari seperti ongkos angkutan umum, KRL, beli pulsa listrik, bayar cicilan motor & cicilan rumah, beli air galon, bahkan sampai memberi ‘sedekah’ untuk pengamen. Sebagai kepala keluarga, saya merasa bertanggung jawab atas setiap rupiah uang yang keluar, karena saya ingin membangun keluarga melek finansial.

toshl financeSebenarnya, ada banyak aplikasi keuangan yang bisa kita temukan di smartphone dari yang gratis sampai berbayar, namun beberapa sebab membuat saya jatuh hati dengan Toshl Finance. Sebab-sebab tersebut antara lain sbb:

Sederhana dan Mudah Digunakan

Toshl finance sangat mudah digunakan, bahkan oleh orang yang tidak pernah belajar keuangan sekalipun. Menu pada aplikasi Toshl sangat simple. Pada bagian atas, hanya ada 4 menu, yaitu expense, income, graphic, dan budget. Sedangkan pada bagian bawah hanya ada fungsi search, add expense/income, dan tag. Sedangkan pada bagian utamnya, berisi history expense yang dicatat, yang bisa di-expand atau di-collapse dengan mudah.

Screenshot_2014-10-07-07-59-24Screenshot_2014-10-07-07-59-55Tanpa Iklan Meski Gratisan

Biasanya, aplikasi smartphone yang didesain dua versi (gratisan dan berbayar), sering menampilkan iklan pada versi gratisnya. Tapi pada Toshl, versi gratisnya sama sekali tidak menampilkan iklan, namun hanya membatasi fungsi seperti yang ada di versi pro atau premium. Selain itu, versi gratisnya masih sangat memadai, misalnya bisa di-export ke format .csv dan bisa diolah sesuai kebutuhan dengan Excel.

Bisa Dipakai Di Banyak Perangkat, Cocok Untuk Keuangan Keluarga

Jika kita ingin memfungsikan Toshl untuk mengelola keuangan keluarga, yang perlu kita lakukan hanya menginstall Toshl ke gadget masing-masing anggota keluarga dengan satu akun yang terdaftar. Dengan toshl kita bisa mengontrol pengeluaran anggota keluarga secara real time. Misalnya pada saat anggota keluarga mencatat pengeluaran untuk kategori food, keterangannya cukup diisi dengan nama anggota keluarga tersebut.

Kompatibel Di Semua Negara

Beberapa aplikasi keuangan yang ada di smarthpone banyak yang tidak kompatibel di semua negara, biasanya hanya kompatibel untuk US seperti Mint, Quicken, dll. Di US, aplikasi keuangan sepertinya sudah dipakai secara luas oleh masyarakat, bahkan langsung terintegrasi dengan layanan bank. Fakta bahwa Toshl kompatibel di semua negara inilah yang menyebabkan Toshl banyak dipakai oleh banyak negara seperti Australia, Jepang, China, India dan Indonesia.

Sinkronisasi Dengan Toshl.com

Masih ada yang menarik dari Toshl. Semua data yang dicatat di aplikasi Toshl langsung tersinkronisasi dengan Toshl.com, dan kamu bisa login dengan akun Anda di aplikasi. Di Toshl.com, kamu bisa menemukan persentase expense yang ditampilkan dengan sangat menarik seperti ini.




Comments

Mengelola Keuangan dengan Toshl Finance — 10 Comments

Leave a Reply