Home ยป Nge-Blog Yuk…

Dua minggu yang lalu, saya ke Gramedia dengan Waw Hermawan. Merupakan kegiatan rutin saya, untuk berkunjung ke Gramed beberapa kali dalam sebulan untuk update buku-buku baru dan menarik. Jika sedang ada uang, biasanya saya langsung beli. Kalau uang pas-pasan, saya akan menunda beli buku saat itu dan membelinya di tempat yang lebih murah. Saya punya langganan toko buku bernama Batu Bara. Sedangkan jika tidak ada uang, biasanya saya akan membacanya di tempat.. ๐Ÿ™‚

blog

Hari itu, kami menemukan sebuah buku yang kami anggap menarik. Kalau tidak salah, judulnya “Keliling Indonesia & Belajar di LN Karena Blog”. Seperti judulnya, buku tersebut berkisah tentang Nona Dita, yang ketiban berkah bisa keliling Indonesia dan belajar di luar negeri karena seekor makhluk bernama Blog. Selain itu, anda juga pasti kenal dengan sosok kambing jantan Raditya Dika: dari nge-blog, lalu jadi buku, setelah itu difilmkan.

Ternyata, sukses nge-blog bukan milik nona dita semata. Sosok yang juga sukses nge-blog di Indonesia, salah satunya adalah Roni Yuzirman. Beliau adalah pengusaha dan blogger kenamaan. Berkat blognya, kini terbentuk jaringan pengusaha yang tumbuh sangat pesat di Indonesia bernama Tangan Di Atas.

Sosok kedua yang menginspirasi sekaligus menyemangati saya untuk nge-blog adalah Mas Budi Putra. Bedanya dengan Pak Roni, Mas Budi nge-blog dalam Bahasa Inggris dengan topik teknologi. Karena berbahasa Inggris, pembaca blog Mas Budi Putra berasal dari seluruh dunia. Berkat blognya, ia sering diundang pada event internasional seperti peserta seminar hingga menjadi juri kompetisi blog yang diadakan di luar negeri. Berkat nge-blog juga, beliau kini bekerja di Yahoo! sebagai Indonesia Country Editor.

Perkenalan saya sendiri dengan dimulai pada tahun 2005. Tepatnya ketika pertama kali saya berkenalan dengan komputer dan internet. Diawali dengan bikin email di Plasa.com, dibantu oleh teman saya Khalid Hindawi, saya kemudian kenal dengan Friendster dan Hi5, jejaring sosial yang beken kala itu. Dari Hi5 itulah, tanpa disengaja, jemari saya mengklik link “blog” dan sampailah saya di situs penyedia blog blogspot.com.

Blog pertama kali yang sering saya update adalah http://ukasbaik.wordpress.com. Hingga sekarang, pengunjungnya sudah hampir 30.000. Namun akhirnya, karena beberapa alasan, saya tidak melanjutkannya dan mengganti alamat menjadi http://untungkasirin.wordpress.com.

Well, saya tidak ingin berpanjang kalam mengajak Ki Sanak nge-blog. Cukup telusuri saja link-link yang saya berikan di atas. Mengenai apa itu blog dan bagaimana membuatnya, tanya saja ke Google.

Siapa tahu, kita juga bisa ketiban berkah dengan nge-blog. ๐Ÿ™‚ (uk)


Comments

Nge-Blog Yuk… — 4 Comments

Leave a Reply