Home » Soal Matematika dari Ali bin Abi Thalib Ra

Kita telah maklum, bahwa Ali bin Abi Thalib Ra, adalah seorang sahabat yang memiliki kedudukan yang sangat mulia di sisi Nabi.

Beliau adalah seorang ahlul bait (yaitu keponakan Rasulullah), menantu (suami Fatimah, putri kesayangan Rasulullah saw), khalifah (khulafaur rasyidin), golongan pertama orang yang masuk Islam (assabiqun al-awalun), dan berbagai kedudukan mulia yang lain.

Ali bin Abi Thalib adalah sosok sahabat yang sangat cerdas, dan paling ahli dalam memutuskan perkara. Selain itu, beliau adalah sahabat yang sangat ahli di bidang matematika.

Berikut adalah sebuah peristiwa yang menunjukkan kecemerlangan otak beliau dalam bidang matematika, yang saya nukil dari sebuah buku karya Dr. Nizar Abazhah.

Suatu kali, ada dua orang laki-laki, untuk memudahkan kita sebut saja Si A dan Si B duduk bersama. Si A membawa 5 buah roti dan Si B membawa 3 buah roti.

Ketika keduanya duduk untuk makan bersama, datanglah Si C. Kedua sahabat tadi, Si A dan Si B, lalu mengajak Si C makan sehingga ketiganya memakan seluruh bagian roti sama banyak.

Setelah makan, Si C menyerahkan 8 dirham untuk kedua sahabatnya sambil berkata, “Bagilah uang ini sesuai apa yang aku makan dari kalian berdua.”

Kemudian, dua sahabat tadi berselisih mengenai berapa bagian masing-masing, dan sepakat untuk mengajukkannya kepada Ali bin Abi Thalib.

Ali bin Abi Thalib tahu benar jawaban dari masalah ini: berapa dirham untuk Si A dan berapa dirham untuk Si B. Tetapi, beliau bermaksud memberikan kesempatan kepada Anda untuk menjawab masalah ini.

Jadi, berapa dirham-kah uang untuk Si A dan berapa dirham-kah untuk Si B?

Ditunggu jawabannya ya?? 🙂


Comments

Soal Matematika dari Ali bin Abi Thalib Ra — 3 Comments

Leave a Reply