Home ยป Tips Mencari Penghasilan Bagi Mahasiswa

Tips Mencari Penghasilan Bagi Mahasiswa

Saat ini, menjadi mahasiswa (khususnya S1) tidak harus mengandalkan kiriman uang dari orang tua. Banyak di antara mahasiswa yang sekarang ini bisa mencari penghasilan tambahkan, atau bahkan mampu hidup mandiri dengan tidak lagi meminta kiriman uang dari orang tuanya.

Baca Juga: 12 Peluang Usaha Sampingan Yang Cocok Buat Mahasiswa



Beberapa alternatif berikut merupakan cara bagaimana mahasiswa mencari penghasilan, baik yang pernah saya alami sendiri atau dari pengalaman teman lain:

Beasiswa. Sumber beasiswa saat ini semakin banyak dan beragam, tak hanya buat mahasiswa yang pintar. Rajinlah mencari informasi beasiswa, dari mulia beasiswa biaya kuliah, biaya hidup, beasiswa skripsi, beasiswa bagi yang berprestasi di bidang seni dan olah raga dll. Sumbernya pun bermacam-macam, baik lembaga pemerintah, lembaga sosial/LSM/NGO, atau CSR perusahaan swasta.
tips mencari penghasilan bagi mahasiswa
Estimasi penghasilan: 300.000/bulan

Guru Privat/Bimbel. Cara kedua bagi mahasiswa untuk menghasilkan uang yang populer adalah dengan menjadi guru (baik guru mengaji atau pun mapel seperti matematika, IPA dan Bahasa Inggris) baik guru privat maupun guru bimbel. Carilah siswa privat mulai dari tetangga dekat kosan atau bertanyalah pada kenalan, apakah ada yang membutuhkan guru privat. Sedangkan untuk menjadi guru bimbel, biasanya akan diseleksi (biasanya berupa simulasi mengajar).

Estimasi penghasilan: 50.000-150.000/pertemuan.

Wirausaha. Alternatif lain yang bisa menambah penghasilan bagi mahasiswa adalah wirausaha. Saat ini banyak contoh pengusaha sukses yang dimulai di bangku kuliah. Kamu bisa mulai dengan berjualan kue, buku-buku kuliah, kaos dan jaket. Beberapa bahkan melangkah lebih jauh seperti membangun usaha franchise, membangun bisnis start up, hingga properti.

Estimasi penghasilan: sampai tidak terbatas

Relawan Lembaga Sosial. Cara berikutnya agar bisa menjadi mahasiswa berpenghasilan adalah menjadi relawan lembaga sosial. Relawan atau volunteer bukan berarti pekerjaan suka rela dan tidak mendapatkan imbalan, melainkan sebutan bagi orang yang bekerja untuk tujuan sosial dan tetap dibayar. Beberapa lembaga sosial yang merekrut relawan antara lain adalah lembaga zakat pada bulan Ramadan dan momen idhul Adha. Pekerjaannya bisa macam-macam seperti mencari donatur, customer service maupun data entry.

Estimasi penghasilan: 75.000-100.000/hari

Relawan Event Tertentu. Selain relawan lembaga sosial, beberapa event tertentu baik tingkat nasional maupun internasional biasanya membutuhkan banyak relawan. Event olahraga seperti PON, Sea Games, Asian Games (Indonesia akan menjadi tuan rumah pada 2018) bisa dimanfaatkan untuk mencari penghasilan tambahan.

Estimasi penghasilan: tidak diketahui

Surveyor & Data Entry. Pasca reformasi, banyak berdiri lembaga-lembaga survey. Lembaga survey tersebut membutuhkan surveyor dalam jumlah yang banyak menjelang momen Pilkada, Pemilu, hingga Pilpres. Selain lembaga survey, survey juga sering diadakan oleh pemerintah seperti Dinas Perhubungan, Biro Pusat Statistik, dlsb. Penghasilan dari pekerjaan survey ini biasanya cukup lumayan, tentu dengan konsekuensi pekerjaan yang lumayan berat, bahkan bisa ditugaskan di daerah terpencil.

Estimasi penghasilan: 500,000-3,000,000 (tergantung proyek)

Membuat Karya Tulis. Buat kamu yang hobi menulis, aktivitas ini bisa menghasilkan uang seperti menulis artikel untuk surat kabar, membuat karya tulis untuk diikutsertakan dalam lomba. Imbalan atau hadiahnya cukup beragam, misalnya imbalan menulis artikel singkat untuk koran sebesar 250,000-750,000. Sedangkan untuk lomba, hadiahnya cukup besar di kisaran 1,500,000-25,000,000 (tergantung tingkat kesulitan dan penyelenggara).

Estimasi penghasilan: 250,000-25,000,000.

Anda punya tips mencari penghasilan bagi mahasiswa? Silahkan share di kolom komentar.




Comments

Tips Mencari Penghasilan Bagi Mahasiswa — No Comments

    Leave a Reply