Home ยป Wealth Made Simple: Bebas Finansial Itu Sederhana, Hanya Saja Tidak Mudah!

Bebas finansial itu sederhana, hanya saja tidak mudah! “It’s simple; it’s just not easy.” Demikian penggalan kalimat yang diulang beberapa kali dalam buku Wealth Made Simple, yang ditulis oleh David Ragland. Buku ini hanya setebal 70 halaman, dan bisa diselesaikan kurang dari 1 jam.

wealth made simpleMeski sangat singkat, lembar demi lembar buku ini sangat bernilai. Penulis buku ini menganalogikan membangun kebabasan finansial dengan perlombaan “Ironman Triathlon”, sebuah perlombaan yang diadakan oleh World Triathlon Corporation. Pada lomba Ironman Triathlon, setiap peserta harus: berenang sejauh 2,4 mil, bersepeda 112 mil, dan berlari 26.2 mil. Sebuah analagi yang tentu cukup sulit.

Buku ini membahas tahap demi tahap menuju financial freedom dari membuat perencanaan keuangan, menentukan tujuan finansial, actions step dalam mengelola uang, menabung dan strateginya, membebaskan diri dari utang (debt free), menyiapkan dana pensiun hingga manajemen uang tunai untuk dana darurat, dan yang paling penting adalah menuju garis finish (mencapai tujuan!).

Meski sangat singkat, buku ini dilengkapi dengan Personal Balance Sheet dan Personal Budget Worksheet. Pada akhir setiap bab, penulis membubuhkan rangkuman bab yang merupakan saripati dari bab tersebut–penulis menyebutnya dengan Keys to Wealth Building. Selain sebagai rangkuman, keys to wealth building ini sekaligus menjadi motivation quote Anda dalam meraih kekayaan.

Sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin meraih kebabasan finansial.


Comments

Wealth Made Simple: Bebas Finansial Itu Sederhana, Hanya Saja Tidak Mudah! — No Comments

    Leave a Reply